Loading...

5 Tips Bisnis Usaha Kuliner Sukses

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan:

Duniausaha.net – Usaha kuliner di saat sekarang ini tentu sangat menjanjikan dan memiliki prospek depan yang juga baik. Tak heran bila banyak wirausahawan baru yang terjun ke bisnis kuliner. Apalagi untuk memulai usaha ini juga tak membutuhkan dana yang terlalu besar. Selain itu bagi mereka yang mau langsung menjalankan usaha ini, ada banyak wirausahawan kuliner yang memberikan penawaran kerjasama bisnis dalam bentuk waralaba (Franchising).

Tips Bisnis Usaha Kuliner

 

Tidak sampai disitu saja, mengingat Warga Indonesia yang demikian banyak, tentunya sangat memungkinkan binis usaha kuliner ini bisa berkembang pesat karena permintaan pasar yang juga terbilang tinggi. Namun untuk tetap eksis, tentu saja dibutuhkan sebuah program yang tepat. Hal ini dikarenakan cukup banyaknya pebisnis dalam usaha kuliner. Dapat dibilang kompetisi atau rivalitas sudah demikian ketat.

Baca Juga : 4 Cara Mencapai Goal Bisnis

Dalam menghadapi rivalitas di bisnis usaha kuliner yang kian hari semakin ketat, tentu diperlukan kreativitas dan inovasi supaya usaha yang dikerjakan bisa semakin berkembang sesuai dengan yang diinginkan dan bisa menghasilkan untung yang besar. Apalagi para pemilik usaha di bidang kuliner yang bermunculan hadir dengan beragam konsep yang berbeda-beda dan istimewa untuk memikat para konsumen.

Berikut ini ada 5 tips bisnis usaha kuliner sukses, menurut Djoko Kurniawan, seorang Consultant of Marketing & Service Quality.

1. Memastikan ulang Target Pasar

Definisikan kembali target pasar yang akan menjadi tujuan kamu. Penentuan target pasar yang tepat akan mendorong kamu untuk membuat program penjualan yang lebih tepat pula.

2. Mempunyai Keunikan

Supaya bisa diterima oleh pasar, produk yang kamu miliki harus punya ciri khas atau keunikan supaya gampang dikenali, baik dari sisi kemasan, rasa dan yang lainnya. Tujuannya supaya produk kamu terlihat berbeda dibandingkan dengan produk pesaing. tentu saja perbedaan yang lebih tepat akan menjadi nilai plus terhadap bisnis usaha kuliner yang kamu kerjakan.

3. Mengkomunikasikan Merek

Supaya merek kamu bisa dikenal dengan cepat secara luas, maka produk kamu harus dikomunikasikan dapat melalui cara Above The Line (ATL) seperti media cetak (koran), majalah atau Below The Line (BTL) dengan memakai spanduk, banner, brosur dan lain-lain. Pilihlah media yang punya banyak pembaca yang sesuai dengan target pasar dan letakkan spanduk, banner dan brosur di lokasi yang sering dilewati banyak orang, maka dengan demikian komunikasi menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Mencari Reseller yang Tepat

Carilah Distributor atau Agen penjualan (Reseller) yang bisa membantu memasarkan produkmu. Pilihlah Reseller yang punya network yang luas atau yang mempunyai tempat usaha yang sudah ramai dikunjungi orang. Untuk pertama kali biasanya, Reseller cuma ingin memakai sistem konsinyasi (titip). Kedepan, jika barang kamu banyak diminati konsumen karena rasanya yang nikmat dan mempunyai kelebihan dibanding produk lain, maka reseller tersebut otomatis akan ingin membeli produk kamu secara kontan atau bayar mundur beberapa hari saja setelah barang terkirim.

5. Keunggulan Layanan

Apapun usaha kamu, apapun barang yang kamu jual, terapkan prinsip service excellence dalam melayani kustomer. Di era saat ini ini kamu tak cukup cuma mengandalkan program marketing dan promosi. Berikan pelayanan terbaik kepada reseller dan juga konsumen langsung supaya mereka puas dan senang dengan pelayanan kamu. Jagalah kualitas barang dan komunikasi dengan baik. Konsumen yang puas akan menceritakan kabar baik tentang produkmu. Dan hal ini berarti angka penjualan kamu juga akan meningkat dengan sendirinya.

Baca Juga : 7 Tips Usaha Waralaba dengan Hasil Memuaskan

Demikianlah 5 tips binis usaha kuliner sukses yang bisa kamu coba, jika kamu yang mau membuka usaha atau baru merintis usaha kuliner. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Loading...

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan: