7 Cara Sederhana Untuk Memulai Usaha Kecil

Cara Sederhana Untuk Memulai Usaha Kecil – Berwirausaha memang benar sungguh membuat kita mudah tergoda. Dengan sikap yang tegas namun pasti, sukses bukan hanya impian semata. “Lebih baik menjadi kepala semut daripada ekor gajah”. Begitulah kira-kira ungkapan para pengusaha.

7 Cara Sederhana Untuk Memulai Usaha Kecil

Mungkin Anda pernah melihat dan mendengar tentang Bill Gates atau Mark Zuckerberg yang kini tengah menjadi pengusaha sukses. Tentu saja membuat Anda akan tergiur dengan kekayaan mereka miliki benar-benar luar biasa. Tapi tahukah Anda, bahwa sebenarnya mereka memulai semuanya itu dari usaha kecil. Dan tak satupun dari mereka yang menduga akan mencapai keberhasilan seperti sekarang ini.

Baca Juga : 7 Hal Yang Bikin Kamu Dihormati Banyak Orang

Perusahaan pemula yang menjelma menjadi perusahaan besar dan sukses memperoleh miliaran bahkan triliunan uang dari hasil kerja kerasnya, bila di ibaratkan dalam dunia bisnis sama halnya seperti memenangkan sebuah lotre.

“Ingatlah selalu jika Anda Meletakkan semua uang yang Anda milik dan berharap akan mendapatkan jackpot, maka justru anda bakalan terpuruk”.

Cara Sederhana Untuk Memulai Usaha Kecil

Berikut ini ada 7 cara sederhana untuk memulai usaha kecil yang akan mendapat kesuksesan. Cara ini adalah untuk lebih untuk membuat Anda sadar akan kenyataan yang ada, ketimbang anda hanya mengejar impian dalam berbisnis.

1. Cobalah Untuk Lebih Realistis

Saat memulai sebuah bisnis, cobalah untuk melihat sekeliling anda dan carilah contoh sukses dari model usaha yang akan anda buat, kemudian pelajari dengan teliti. Jika Anda belum juga menemukannya, entah memang Anda yang tidak mampu untuk melakukannya, maka bisnis Anda tidak pernah berhasil.

Jika Anda ingin memulai usaha jangan menginvestasikan uang sendiri. Karena kebanyakan usaha adalah perjalanan yang berisiko, cobalah untuk mencari partner. Jadi, apabila semuanya tidak berjalan sesuai dengan rencana, maka Anda tidak bakalan bangkrut karena modal awal tadi, dan juga anda tidak bakalan dikejar utang.

2. Belajarlah Untuk Memperbudak Diri Sendiri

Pengertian dari kata Memperbudak disini adalah dengan Anda tidak bersedia bekerja keras, melupakan keuntungan pribadi, lembur, dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk Anda. Pada awal membuat sebuah usaha, Anda mungkin tidak akan mampu membayar gaji karyawan, sekalipun karyawan yang biayanya murah. Jadilah karyawan bagi diri anda sendiri. Dengan begitu anda telah selangkah menjadi pengusaha yang sukses kedepannya.

3. Menghargai Waktu

Berilah nilai uang pada setiap waktu yang Anda habiskan, misalnya Rp. 10.000 per jam. Dengan cara ini akan sangat membantu pada saat Anda diharuskan untuk mengambil sebuah keputusan: “Jika sebuah toko mengenakan biaya Rp. 5.000 untuk jasa pengiriman setiap minggu, dan Anda memerlukan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka anda harus membayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini mungkin bertentangan dengan cara yang ke-3, namun budak sekalipun juga memiliki nilai ekonomi.

Cobalah untuk merekrut karyawan dengan baik. Tanpa memedulikan ukuran usaha Anda, yang nanti pada akhirnya Anda kemungkinan akan merekrut karyawan dari luar. Untuk hal tersebut, lakukanlah proses rekrutmen dengan hati-hati, jangan tergesa-gesa, dan pakailah cara tersebut saat Anda memulai usaha. Akan sangat disayangkan jika sikap seorang pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut.

4. Jual Kelebihan Mutu Barang, Bukan Harganya

Ketika Anda memulai sebuah usaha, sudah sewajarnya Anda akan menghadapi yang namanya frustasi dalam bidanga pemasarannya. Namun bila saja Anda mau untuk bersaing dengan harga, Pada akhirnya anda hanya akan menjual dengan harga yang pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Dengan menguasai keahlian untuk berkomunikasi dengan para pelanggan, cobalah untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.

5. Ketahuilah Angka Dasar

Dengan mengetahui berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk menjalani usaha, mulai dari sewa toko, biaya listrik, asuransi karyawan, atau bahkan sampai harga tinta printer, kertas, dan pajak. Lalu hitung dan bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun jika Anda akan membuka usaha. Maka anda pasti akan menemukan angka dasar, berapa jumlah minimum pendapatan yang Anda butuhkan setiap harinya.

6. Pahami Teknologi

Teknologi merupakan hal yang sangat penting dalam berusaha, cobalah untuk lebih mengenal teknologi seperti aplikasi dan penyimpanan data perusahaan, dengan harga yang murah sehingga membuat perusahaan kecil Anda dapat bersaing dengan perusahaan besar. Manfaatkan teknologi dengan biaya murah yang ada di pasaran atau Anda bisa menggunakan Media Sosial jika Anda berencana untuk mempromosikan usaha anda.

7. Bersikap Baik Dengan Vendor

Jalin hubungan emosional yang baik dengan vendor dan supplier Anda, sama halnya pada saat Anda memperlakukan para pelanggan. Bisa saja mereka memberikan diskon khusus untuk anda berdasarkan besarnya volume pemesanan Anda selama ini, atau bahkan demi menjaga hubungan yang baik dan mereka tentunya berharap ada peningkatan volume di masa mendatang.

Hubungan emosional yang baik tentunya akan membuat mereka dapat memaklumi keterlambatan pembayaran, ata bisa saja mereka memberikan pengiriman gratis pada setiap barang-barang tertentu yang anda pesan.

Jadilah Yang Terbaik dan jangan pernah setengah hati dalam menjalankan usaha anda. Segala hal yang Anda lakukan untuk klien/mitra kerja Anda harus lah yang terbaik. Apapun yang sudah Anda Perbuat, haruslah yang terbaik.

Baik itu dari segi penjualan atau pun Promosi barang dagangan Anda. Lakukan itu terus menerus, maka kekuatan promosi dari mulut ke mulut akan cepat menyebar dan membuat usaha anda cepat di kenal. Tentu saja akan menambah omset penjualan usaha anda.

Baca Juga : 5 Cara Memasuki Dunia Usaha Yang Harus Anda Ketahui

Demikianlah ulasan kali ini mengenai 7 cara sederhana untuk memulai usaha kecil yang dapat dunia usaha bagikan kepada anda, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat. Semoga sukses.