Cara Promosi Bisnis Tour and Travel yang Tepat

Cara Promosi Bisnis – Promosi bisnis tour and travel yang tepat merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk mengembangkan usaha, terutama dalam bidang tour dan travel. Nah bagi Anda yang masih bingung mengenai cara promosi yang tepat tentang bisnis ini, tak perlu khawatir karena kali ini akan menjelaskan mengenai cara promosi dalam bidang usaha tour and travel yang tepat.

bisnis tour and travel

Cara Promosi Bisnis Tour and Travel

Setiap hari pasti akan selalu ada peluang usaha yang cocok untuk kita lakukan, salah satunya yaitu bisnis tour dan travel. Perlu diketahui bahwa peluang usaha ini menjadi primadona yang digeluti masyarakat, namun pengetahuan yang tips tentang bisnis ini tak jarang membuat bisnis tour dan travel menjadi tak berkembang dan jalan di tempat.

Jika tidak adanya inovasi, bisnis Anda tentu saja terancam bangkrut. Salah satu cara cerdas mengembangkan bisnis tour dan travel adalah dengan memodifikasi dan membundling produk agar lebih praktis dan hemat. Memodifikasi produk sudah terbukti efektif dapat meningkatkan penjualan, untuk melakukan hal ini Anda harus mengetahui keadaan pasar dan apa yang dinginkan pelanggan.

Cara Promosi Bisnis Tour and Travel

Selain itu, tak ada salahnya untuk mengonsep bundling produk. Cara ini juga sudah terbukti dapat menarik minat pelanggan. Sebab bundling produk ini tak hanya praktis, namun juga dapat memangkas sedikit anggaran. Peluang usaha Anda pun akan lebih maju dan berkembang.

Akan tetapi tak hanya kedua hal tersebut saja, Anda juga harus mempersiapkan segala macam cara promosi agar bisnis tour dan travel Anda lebih terkenal. Lantas bagaimana cara promosi bisnis tour dan travel yang benar dan tepat? Berikut ulasannya.

Inilah Cara yang Tepat dalam Promosi Bisnis Tour and Travel Paling Efektif

Bagi pelaku usaha, promosi tentu saja sudah tidak asing lagi. Sebab salah satu bagian dari marketing mix ini menjadi salah satu penentu nasib perjalanan suatu usaha. Umumnya ada dua metode melakukan promosi yaitu online dan offline. Mengapa harus dilakukan promosi offline dan online?

Sebab, tidak semua calon konsumen potensial memiliki waktu untuk mencari website Anda, sehingga perlu dilakukan promosi secara online. Tak hanya itu saja, kenaikan ranking di SE (Search Engine) juga sudah semakin ketat persaingannya, sehingga kecil kemungkinan website Anda ditemukan oleh calon customer.

Menjadi Pembicara Tamu di Radio

Mungkin sebagian besar orang telah melakukan cara promosi yang satu ini. Selain untuk mendengarkan musik, radio memang sering digunakan sebagai ajang promosi. Tak terkecuali promosi tour dan travel. Tapi memang, promosi yang dilakukan ini cukup efektif menarik minat calon customer.

Ketika promosi di radio, tentu saja kita akan menceritakan apa saja yang ditawarkan oleh tour dan travel tersebut dan apa yang membedakan trour dan travel ini dari jasa perljalanan lainnya. Pastikan Anda mengetahui seluk beluk perusahaan agar promosi yang Anda lakukan berjalan lancar.

Membuat Event atau Acara Tertentu

Yang kedua adalah dengan cara membuat event atau acara tertentu. Cara ini juga sering dilakukan oleh pelaku usaha lain untuk mengembangkan bisnisnya. Dalam acara tersebut Anda bisa menggaet artis lokal ataupun nasional untuk menarik minat pengunjung.

Selain itu, jangan lupa untuk mengadakan lomba-lomba serta doorprize. Sedangkan untuk para pengunjung, tak ada salahnya untuk memberikan brosur mengenai bisnis tour and travel atau mencetak kalender mengenai usaha Anda dan membagikannya sebagai souvenir.

Memasang Profil Perusahaan di Koran atau Majalah

Cara selanjutnya adalah dengan memasang profil perusahaan di Koran atau majalah. Jangan ragu untuk menggunakan space lebar dengan desain yang menarik untuk menarik minat pembaca. Jangan lupa untuk menjelaskan keuntungan yang didapat ketika menggunakan jasa Anda. Agar calon customer tidak kebingungan, Anda juga bisa menyisipkan alamat dan denah kantor jasa tour dan travel tersebut.

Menyelenggarakan Kontes atau Sayembara

Selain membuat event, menyelenggarakan kontes atau sayembara juga sangat efektif untuk mengembangkan usaha. Tak perlu membuat brosur, Anda bisa mengadakan kontes ini melalui media social lewat instagram. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu meminta follower Anda untuk menyukasi semua postingan Anda, serta komentar yang membangun dan mengetag teman mereka untuk masuk ke postingan Anda.

Cara Promosi Bisnis Tour and Travel

Jika follower Anda bertambah (sesuai yang Anda syaratkan) Anda bisa mengumumkan siapa pemenangnya. Untuk pemenangnya, Anda bisa memilih follower yang aktif di media social serta lihat komentar mereka. Sedangkan untuk hadiah utamanya, Anda bisa mengajak pemenang untuk belibur gratis di salah satu destinasi wisata dalam ataupun luar negeri tergantung dari jasa yang Anda tawarkan. Sedangkan pemenang kedua dan ketiga Anda bisa memberikan mereka diskon tiket perjalanan untuk berlibur di salah satu destinasi yang Anda tawarkan.

Baca Juga : Kamu Perlu Tahu, Warna Kemasan Makanan Pengaruhi Mood Pelanggan

Nah itulah beberapa cara terbaik promosi bisnis tour and travel yang bisa diterapkan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi lewat iklan, baik di TV, radio ataupun media social, menyewa agen periklanan, membuat kaos dengan logo dan nama perusahaan, membuat stiker dan membagikannya saat ada acara ataupun event.

Cara Promosi Bisnis Tour and Travel yang Tepat | Glen Hanz Sky | 4.5