Desa Talunombo Wonosobo Dengan Berbagai Potensi Budaya Dan Kearifan Lokal

Desa Talunombo Wonosobo – Ada beberapa potensi Desa Talunombo yang berada di Wonosobo jawa tengah ini. Potensi sumber daya alam yang menjadi salah satu pusat perhatian banyak orang adalah pancuran air abadi yang terletak diantara rumah warga dan persawahan. berikut adalah berbagai potensi yang ada di Desa Talunombo Wonosobo.

Desa Talunombo Wonosobo

Mata Air

mata-air-desa-talunombo2 mata-air-desa-talunombo

Menurut kisah para leluhur desa yang di kisahkan kembali oleh kepala desa bpk. Agus Munajat, dikisahkan bahwa sumber air tersebut muncul pada zaman kala dengan ritual mistis yang dilakukan oleh para leluhur desa.Secara ilmiah sumber air ini berasal dari tumbangnya pohon beringin besar yang hingga kini batang pohon beringinnya masih ada disekitar sumber air. Yang menjadikannya unik adalah sumber air ini tidak pernah surut di semua musim baik musim kemarau maupun musim hujan. Warga sekitar juga sangat menjaga. kelestarian dari sumber mata air ini. Warga memanfaatkan aliran air mata air ini untuk persawahan, budidaya ikan dengan kolam-kolam yang ada, serta digunakan juga sebagai air untuk mandi dan cuci baju.

Pelatihan Batik di Rumah Edukasi Batik Desa Talunombo
Bertempat di Balai Desa, Ibu – ibu PKK sedang mengikuti pelatihan batik tulis. terdapat sekitar 25 orang yang dibagi menjadi 5 kelompok. Ini adalah salah satu kegiatan yang rutin dilakukan setiap bulan. Batik yang di hasilkan dari pelatihan ini diberi nama/ brand batik carica lestari. Bpk Kades ingin kegiatan ini menjadi langkah memperkenalkan batik khas talunombo ke pasar nasional.

Desa Talunombo pelatihan-batik

pelatihan-batik

Sementara itu ditempat berbeda ada rumah edukasi batik talunombo. Disini adalah tempat untuk penjualan dan juga pembuatan batik carica . batik tulis yang dihasilkan dari sini berkualitas nasional. Harga yang ditawarkan untuk satu lembar potong batik tulis kisaran Rp. 150- 200 rb. Tergantung pada motif yang dipilih.

rumah-batik2

Seni ukir pasir besi
Salah satu potensi lainnya adalah seni ukir pasir besi. Bpk. Udin selaku pengrajin hanya menggunakan alat sederhana untuk menghasilkan ukiran yang cukup bagus untuk gapura, bangunan rumah dan lain lain. Pengerjaan seni ukir ini memakan waktu 3 minggu . mulai dari desain. Pembuatan serta pengeringan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 1.300.000 . semua tergantung tingkat kesulitan ukiran.

seni-ukir-pasir-besi Desa talunombo seni-ukir-pasir-besi2
Pihak desa medukung pak Udin untuk mengembangkan produk ini.Edukasi ukir pasir besi nanti akan dibuat oleh pak kades. Tempat penjualan juga akan dibuat. Motif ukir akan terus dikembangkan karna permintaan pasar lebih menyukai motif yang lebih bagus lagi seperti motif alami dan motif ikan. Sesuai dengan budaya yang ada di desa ini.

Kesenian Topeng

topeng-desa-talunombo
Topeng yang ada di talunombo mempunyai ciri khas yaitu raut / motif yang dibuat seseram mungkin. semua topeng yang dihasilkan dibuat berdasarkan imajinasi mas arif sebagai kreator topeng Desa Talunombo Wonosobo. Kedepannya bpk Kades akan mengembangkan kerajinan ini untuk menjadi souvenir untuk gift / hadiah. Topeng biasanya di tampilkan ketika ada acara adat atau perayaan di balai desa atau di tempat lain.

Desa Talunombo Wonosobo Dengan Berbagai Potensi Budaya Dan Kearifan Lokal

Desa Talunombo Wonosobo Dengan Berbagai Potensi Budaya Dan Kearifan Lokal | Glen Hanz Sky | 4.5