Jadi Pengusaha Sukses Tak Selamanya Butuh Ijazah, Contoh 4 Tokoh Ini!

Jadi Pengusaha Sukses – Sampai saat ini, sebagian besar orang masih berpikir bahwa ijazah menjadi salah satu alat ukur kesuksesan seseorang. Semakin tinggi ijazah yang mereka miliki, maka semakin besar pula peluang sukses yang bisa mereka raih. Padahal, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Banyak pengusaha sukses dunia yang sekarang ini berhasil menjadi seorang miliarder justru berasal dari orang-orang yang tidak lulus sekolah tinggi.

Sebagian dari mereka ada yang keluar sekolah di tingkat dasar, menengah, maupun perguruan tinggi. Lalu, kira-kira apa modal utama yang mereka miliki sehingga bisa sukses seperti sekarang ini? Modal utama mereka adalah keberaniannya untuk mengubah pola pikir yang ada agar bisa menggunakan otak semaksimal mungkin dan belajar langsung dari pengalaman trial and eror di lapangan sehingga mereka tak kalah bersaing dengan para lulusan perguruan tinggi.

Jadi Pengusaha Sukses

Berikut adalah beberapa pengusaha sukses dunia yang berhasil menjadi miliarder tanpa bekal ijazah.

1. Walt Disney

Di kalangan pengusaha dunia, Walt Disney tentu merupakan salah satu tokoh fenomenal yang bisa sukses di bisnis animasi meski tak menyelesaikan sekolahnya di tingkat menengah. Di usianya yang ke-16 tahun, Ia memutuskan untuk keluar dari sekolahnya dan memilih menekuni hobi menggambar yang sampai saat ini menjadi passion utama dalam dirinya. Setelah menekuni hobi tersebut, hasil gambarannya disukai khalayak ramai seperti beberapa karya animasinya yang diberi nama Donald duck, Mickey mouse, dan lain sebagainya.

2. Bill Gates

Meski harus DO dari lembaga pendidikan yang Ia kenyami, namun Bill Gates tak lantas menyerah dengan keadaan. Setelah menjadi seorang siswa DO, Ia lantas merintis bisnis software computer sendiri di bawah naungan Microsoft Corporation. Kesuksesan yang diraihnya pun tak tanggung-tanggung, pada tahun 1995 sampai 2006 Bill Gates dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia.

3. Steve Jobs

Tak jauh berbeda dengan dua pengusaha sukses sebelumnya, Steve Jobs memutuskan keluar dari kuliahnya di semester satu dan memutuskan untuk membuat produk inovatif berupa gadget cannggih yang sekarang ini digandrungi konsumen di berbagai belahan negara. Sebut saja seperti Apple PC, Apple ipod, Apple iphone, Apple tablet, dan lain sebagainya.

4. Michael Dell

Siapa yang tak mengenal pengusaha sukses yang satu ini, sebagai seorang pengusaha berbasis teknologi, nama belakangnya digunakan sebagai merek brand komputer dan laptop DELL yang telah Ia ciptakan. Kendati Ia keluar dari kuliah (DO) diusianya yang menginjak 19 tahun, namun Ia kemudian merintis usaha yang dinamai PC’s limited yang sekarang ini berubah nama menjadi Dell, Inc. Dengan semangat dan dedikasi yang Ia miliki, Dell sukses menjual produknya hingga ke berbagai negara dan menjadi salah satu miliarder dunia yang sukses tanpa gelar sarjana.

Jadi Pengusaha Sukses

Itulah deretan pengusaha sukses yang berhasil mengembangkan usahanya tanpa bekal ijazah dari bangku sekolah. Semoga informasi motivasi bisnis yang mengangkat judul menjadi pengusaha sukses tak selamanya butuh ijazah ini bisa bermanfaat dan menginspirasi seluruh masyarakat untuk segera terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Jadi Pengusaha Sukses Tak Selamanya Butuh Ijazah, Contoh 4 Tokoh Ini! | Glen Hanz Sky | 4.5