Loading...

Pengertian Bisnis Franchise Menurut Para Ahli

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan:

Pengertian Bisnis Franchise Menurut Para Ahli – Apakah anda masih terbilang baru di dunia bisnis? kata franchise mungkin akan terasa asing atau aneh bagi Anda. Namun, itu bisa dimaklumi, karena memang bisnis ini awalnya berkembang di Amerika, dan kini muncul di Indonesia sejak beberapa tahun belakangan.

Pengertian Bisnis Franchise

Franchise dapat dianonimkan dengan kata waralaba (bagi hasil. Mungkin kata waralaba tentunya sudah sering anda dengar bukan. Dan sekarang bila anda telah memahami konsep waralaba, maka tak perlu pusing untuk memahami franchise. Istilah paling sederhana untuk menyebut kata franchise adalah waralaba.

Baca Juga : Melebarkan Sayap Bisnis Franchise Kue Cubit

 

Franchising (pewaralabaan) adalah kata benda dari franchise. Dimana pada hakikatnya merupakan sebuah konsep pemasaran yang bertujuan untuk memperluas jaringan usaha secara cepat. Maka dengan demikian, franchising bukanlah sebuah alternatif, akan tetap salah satu cara yang sama kuatnya dengan cara konvensional pada umumnya saat mengembangkan usaha.

Namun, sistem franchise ini dianggap memiliki lebih banyak kelebihan, terutama pada masalah yang umum dialami seseorang yang ingin memulai bisnis yakni masalah permodalan, Manajemen dan Sumber Daya Manusia (SDM). Tidak hanya itu, franchising dikenal juga sebagai jalur distribusi yang sangat efektif dalam melakukan penjualan produk melalui pihak franchisor.

Menurut beberapa ahli bisnis, sistem franchise ini mempunyai banyak kelebihan, khususnya dalam hal modal, sehingga banyak orang yang tertarik untuk mendirikan bisnisnya dengan sistem franchise. Konsep ini berkembang cukup pesat di Indonesia. Untuk memahami lebih jauh mengenai definisi franchise, berikut dapat anda simak beberapa pengertian franchise menurut Lembaga dan Asosiasi serta beberapa ahli dan pakar bisnis.

Definisi Franchise menurut Lembaga dan Asosiasi

Pengertian atau Definisi Franchise menurut beberapa Lembaga dan Asosiasi sedikit berbeda, namun intinya tetap sama. berikut penjelasannya lengkapnya.

1. Menurut Wikipedia

Menurut wikipedia, franchising atau waralaba adalah hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.

2. Menurut Pemerintah

Menurut versi pemerintah Indonesia pengertian franchise atau waralaba adalah suatu hubungan antara dua pihak yang berkepentingan pada sebuah bisnis, dimana salah satu pihak (pihak kedua) diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki oleh pihak lain (pihak pertama), baik dalam hal penyediaan atau penjualan barang dan jasa.

3. Menurut Asosiasi Franchise Indonesia

Waralaba (Franchise) adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan (franchise) untuk melaksanakan bisnis dengan nama atau merek, sistem, prosedur dan cara-cara yang sudah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.

4. International Franchise Association (IFA)

Menurut IFA mendefinisikan franchise sebagai hubungan kontraktual antara franchisor dengan franchise. Dimana pihak franchisor berkewajiban menjaga kepentingan secara berkelanjutan pada bidang usaha yang dijalankan oleh pihak franchise dibawah merek dagang yang sama.

5. British Franchise Association

Menurut British Franchise Association, franchise adalah lisensi kontraktual oleh satu pihak (franchisor) ke pihak lain (franchise) dengan syarat sebagai berikut.

  1. Mengizinkan atau meminta franchise menjalankan usaha dalam periode tertentu pada bisnis yang menggunakan merek yang dimiliki oleh franchisor.
  2. Mengharuskan franchisor untuk melatih kontrol secara berkelanjutan selama periode perjanjian.
  3. Mengharuskan franchisor untuk menyediakan asistensi terhadap franchise pada subjek bisnis yang dijalankan, seperti training terhadap staf, merchandising, manajemen dan lain-lain.
  4. Meminta kepada franchise secara periodik selama masa kerja sama waralaba untuk membayarkan sejumlah fee franchise atau royalti untuk produk atau service yang disediakan oleh franchisor kepada franchise.

Baca Juga : Wirausaha Muda Agrobisnis Indonesia

Pengertian Franchise Menurut Para Ahli

Selain definisi diatas, ada sejumlah pakar atau ahli yang ikut mengemukakan pendapatnya tentang definisi franchise. Berikut pengertian Franchise menurut para ahli :

1. Campbell Black

Campbell dalam bukunya yang berjudul Black’s Law Dict menjelaskan, definisi franchise sebagai sebuah lisensi merek dari pemilik yang mengizinkan orang lain untuk menjual produk atau service atas nama merek tersebut.

2. David J. Kaufmann

Menurut David J. Kaufmann, Franchising adalah sebuah sistem pemasaran dan distribusi yang dijalankan oleh institusi bisnis kecil (franchise) yang digaransi dengan membayar sejumlah fee atas hak terhadap akses pasar oleh franchisor dengan standar operasi yang mapan di bawah asistensi franchisor.

3. Reitzel, Lyden, Robert & Severance

Franchise didefinisikan sebagai sebuah kontrak atas barang intangible yang dimiliki oleh seseorang (franchisor), seperti merek yang diberikan kepada orang lain (franchise) untuk menggunakan barang (merek) tersebut pada usahanya sesuai dengan wilayah yang disepakati.

Demikianlah beberapa pengertian bisnis dan definisi franchise yang disampaikan oleh beberapa lembaga dan asosiasi serta para ahli. Dari beberapa definisi diatas, tentunya kita dapat menangkap pengertian franchise adalah hubungan kerja sama antara pihak franchisor (pemilik modal) dan pihak franchise (pengguna modal) dengan ketentuan tertentu pada area tertentu.

Jika anda berencana untuk membuka usaha, akan tetapi terkendala dengan modal, maka bisnis dengan sistem franchise dapat anda coba dan sangat tepat bukan. Dimana Anda hanya mengeluarkan modal secukupnya sesuai dengan budget yang anda miliki.

Misalnya, anda ingin mendirikan usaha yang bergerak dibidang makanan, tapi modal terbatas, maka tak ada salahnya mencoba alternatif bisnis franchise. Artinya anda bisa bergabung dengan badan usaha atau perorangan yang menyediakan franchise.

Ada banyak sekali bisnis makanan yang saat ini sudah menjadi franchise seperti Qsa Kebab, Rumah makan presto, Tahu Jeletot Taisi, ayam bakar wong solo dan lain sebagainya.

Baca Juga : Usaha Bisnis Franchise Makanan Seblak di Indonesia

Setelah mengetahui pengertian bisnis Franchise menurut para ahli. Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Loading...

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan: