Tips Menjalankan Bisnis Menguntungkan Beserta Peluangnya

Tips Menjalankan Bisnis – Tahun 2016 akan menuju akhir tahun, dan sebentar lagi akan berganti tahun. Banyak para wiraswastawan muda mulai berpikir ide usaha apa yang akan mereka gunakan untuk mengembangkan sayap usaha mereka yang lebih maju lagi.

Bagi anda para pemula bisnis atau wiraswasta muda, anda bisa mencari ide usaha atau bisnis menguntungkan yang bisa anda pilih sebagai awal memulai usaha anda. Lalu apa saja yang sebaiknya anda siapkan sebelum memulai bisnis baru anda?

Tips Menjalankan Bisnis

Tentunya mencari ide usaha adalah kunci utama untuk memulai bisnis yang baru. Bagi anda yang memerlukan ide bisnis menguntungkan untuk tahun 2017 mendatang, artikel ini akan membantu anda memberikan pencerahan ide usaha yang bisa membantu anda untuk memilih peluang tersebut.

Membaca peluang usaha untuk beberapa waktu kedepan memang sangat dibutuhkan, terlebih jika kita adalah pemain baru dalam bidang usaha ini. Berikut dibawah ini anda bisa langsung menyimak usaha menguntungkan apa saja yang bisa anda pilih untuk anda jadikan peluang usaha.

Membaca Peluang Bisnis Menguntungkan

Sebelum anda memulai bisnis yang akan anda jalani, terlebih dahulu anda harus membaca peluang bisnis menguntungkan yang ada serta membaca segmen pasar yang akan anda sasarkan. Membaca segmen pasar serta melihat bidik konsumen sangatlah penting. Berikut ini adalah beberapa bisnis yang menguntungkan yang dapat menginspirasi anda :

  • Bisnis Properti Tanpa Modal

Anda bisa memulainya dengan tanpa modal. Caranya cukup mudah, anda bisa menjadi makelar dari tuan tanah atau pemilik rumah yang akan menjual rumah atau tanah mereka. Carikan calon pembeli untuk mereka, dan bantu para penjual ini untuk dapat menjual apa yang ingin mereka jual, biasanya mereka akan memberikan upah beberapa persen dari hasil penjualan.

  • Usaha Di Bidang Makanan dan Minuman

Tidak dapat dipungkiri bahwa usaha ini cukup menjanjikan, karena makanan dan minuman tidak akan ada matinya sampai dunia berakhir.

  • Bisnis Online Shop

Bisnis yang satu ini nyaris tanpa modal. Anda bisa menjual produk tanpa harus membelinya. Anda cukup menjadi seorang dropshipper atau reseller barang tertentu. Bisnis online ini sangan menguntugnkan sekali, terutama dalam hal modal usahan juga keuntungan yang didapatkan.

Baca Juga : Ide Usaha Kecil Menengah Yang Menggiurkan Ditahun Ini

Beberapa point diatas dapat kita jabarkan satu persatu, sehingga anda akan lebih mudah memahaminya. Sebelum menjabarkannya, tentunya anda harus memahami apa saja yang anda butuhkan untuk memulai bisnis menguntungkan seperti diatas. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu anda siapkan :

  • Kenali diri anda, dibidang apakah anda nantinya akan memulai bisnis anda.
  • Prospek kedepan di sekitar anda
  • Apakah sudah ada pesaing utama di sekitar anda?
  • Beri terobosan terbaru dari bisnis anda
  • Tentukan lokasi
  • Tentukan segmen pasar dan siapa saja konsumen anda
  • Mencari tahu tentang usaha tersebut lebih lanjut
  • Fokus terhadap bisnis yang akan anda jalani

Dilihat dari poin yang ada, tentunya terlihat mudah. Namun seberanya jika anda tidak serius mendalaminya, bisnis hanya akan membuat anda bingung dan menyerah. Untuk itu jangan sampai anda salah melangkah saat akan memulai bisnis anda.

Bisnis Menguntungkan Dari Online Shop

Memulai bisnis apapun, kunci utamanya adalah niat dan pantang menyerah. Sebagai contoh yang akan kita bahas adalah bisnis menguntungkan dari online shop yang bisa membawa keuntungan besar bermodal kecil. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa kiat membuka bisnis online shop yang menguntungkan.

  • Pilih sasaran konsumen anda.
  • Pilih produk yang bagus untuk para konsumen anda.
  • Cari supplier yang memiliki harga miring atau murah dan terpercaya.
  • Pahami produk apa yang akan anda jual.
  • Bila memungkinkan, anda bisa membeli produk tersebut dengan jumlah yang banyak agar mendapatkan harga yang murah. Ini adalah sistem reseller, jadi anda harus memiliki stok agar bisa mendapatkan harga murah. Jika anda berniat menjadi dropshipper, maka anda tidak perlu membeli barang tersebut, cukup mengordernya ketika ada konsumen yang ingin membeli. Dropship biasanya hanya mendapat potongan harga yang kecil.
  • Buat beberapa akun di media sosial untuk memulai bisnis anda.

Setelah anda mempersiapkan beberapa poin diatas, anda bisa memulai mengaktifkan akun media sosial anda untuk berjualan. Perkenalkan produk apa yang anda jual, dan apa manfaatnya. Yang perlu di ingat adalah secara psikologis, konsumen secara tidak sadar akan lebih tertarik dengan produk yang memberikan manfaat untuk mereka.

Baca Juga : Peluang Usaha Menggiurkan Bagi Lulusan Sarjana

Jadi usahakan setiap caption yang anda buat memberikan info manfaat apa saja yang akan mereka dapatkan ketika membeli produk anda. Sebagai contoh adalah pada produk perawatan kecantikan, maka anda bisa menuliskan manfaatnya seperti memutihkan wajah, menghilangkan jerawat, mengatasi kerutan, dan lain sebagainya.

Bisnis menguntungkan berbentuk online shop memang terus merajai dunia usaha, apa saja bisa anda jual melalui media sosial atau dunia maya. Transaksi yang dilakukan juga cukup mudah, sehingga dapat anda kerjakan hanya dari rumah anda saja. Selain itu, anda juga bisa tidak hanya berjualan satu produk saja, karena memang anda tidak perlu membeli stok barang, anda bisa berjualan lebih dari satu produk.

Belajar Menjalankan Bisnis Menguntungkan

Jika anda memiliki modal, anda bisa menjalankan bisnis waralaba. Bisnis ini juga cukup menguntungkan, karena anda hanya tinggal membeli semua kebutuhan penjualan tanpa perlu memikirkan produk tersebut. Namun dalam hal ini juga anda harus memastikan beberapa hal yaitu :

  • Waralaba mana yang akan anda jalankan.
  • Berapa modal yang harus anda siapkan.
  • Berapa resiko yang mungkin harus anda tanggung.
  • Dimana lokasi strategis yang harus anda ambil.
  • Siapa sasaran konsumen anda.

Melihat dari beberapa hal yang harus anda mengerti dan siapkan, tentunya usaha ini sebaiknya anda jalankan dengan lebih berhati-hati. Ini karena biasanya bisnis waralaba memerlukan modal yang besar untuk bisa membelinya.

Namun bisnis menguntungkan tidak harus bermodal besar, anda bisa tetap mnjalankan usaha online shop anda yang bermodal sangat kecil. Jika memang anda memiliki modal dan ingin membuat sebuah toko kecil sebagai tempat memamerkan produk anda, anda juga tetap bisa menggunakan media online sebagai jalan pemasaran anda.

Berikut ini ada sedikit tips untuk anda para pemula di bidang bisnis online shop, terutama anda yang menjadi seorang reseller ataupun seorang dropshipper agar bisnis yang anda jalankan menjadi bisnis menguntungkan dikemudian hari.

  • Foto produk mendukung dan terlihat bagus. Ini penting karena akan mempengaruhi minat para konsumen. Usahakan foto tersebut menampilkan produk yang begambar jelas dan dominan pada produknya, bukan pada backgroundnya.
  • Caption memberikan keterangan yang jelas. Ini juga menjadi hal yang penting karena caption dapat membantu anda menjelaskan produk apa yang anda jual, apa kegunaannya, cara penggunaan, dan lain sebagainya.
  • Usahakan untuk menuliskan manfaat produk.
  • Usahakan untuk tidak menuliskan harga pada setiap foto produk. Ini menjadi penting karena untuk menjaring para konsumen untuk menghubungi anda, dan anda bisa menyimpan kontak mereka untuk digunakan dikemudian hari saat berpromosi.
  • Beri hastag yang mampu menjaring banyak konsumen mengenai keterangan produk tersebut.
  • Aktif berkomunikasi dengan para calon konsumen anda.

Bisnis Menguntungkan Dengan Menjadi Reseller Aktif

Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen menyukai toko yang memiliki respon yang cepat. Ini bisa menjadi kunci untuk anda dalam sukses membangun nisnis menguntungkan, yaitu dengan menjadi reseller yang aktif kepada para konsumen anda. Lalu bagaimana cara menjadi seller yang aktif dan mampu membuat konsumen anda menjatuhkan pilihannya pada anda? Berikut ini adalah caranya :

  • Fast respon. Konsumen suka dengan pelayanan yang cepat, sehingga mereka nyaman dan merasa dilayani dengan baik.
  • Kuasai pemahaman produk menjadi kunci utama.
  • Jika toko online lain biasa membuka toko online mereka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, maka anda bisa membuka toko online anda melebihi jam tersebut.
  • Sebarkan kontak informasi anda agar mudah dihubungi oleh para konsumen anda
  • Sesekali berikan promo spesial agar mereka tertarik membeli di online shop anda
  • Jika ada sedikit modal, anda bisa mengiklankan olshop anda pada akun lain yang memiliki pengikut yang banyak.

Memberikan inovasi juga perlu untuk kelangsungan toko online anda. Ini karena bisnis menguntungkan tidak lahir dengan isntan, namun juga perlu adanya perbaikan jika mana diperlukan. Menjaga relasi bisnis juga sangat diperlukan, sehingga anda tidak akan kehilangan para konsumen anda. Jika anda bingung dengan inovasi yang akan anda berikan, berikut ini ada beberapa contoh inovasi yang bisa anda gunakan dalam menjalankan bisnis online anda :

  • Memberikan potongan ongkir sampai dengan free ongkir
  • Memberikan kuis berhadiah dengan cara atau syarat tertentu yang juga mampu menjadi ajang iklan untuk anda.
  • Memberikan diskon khusus pada hari-hari tertentu untuk mendapatkan banjir orderan
  • Rangkul atau ajak kerjasama para jasa ekspedisi agar anda bisa mendapatkan harga ongkir yang lebih miring
  • Manfaatkan aplikasi lapak yang memudahkan anda memasarkan produk anda, sehingga semakin mudah ditemukan oleh para konsumen anda dimanapun mereka berada

Bisnis apapun yang anda lakukan, tentu semuanya akan membuah hasil yang positif jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan juga fokus. Peluang bisnis menguntungkan sekalipun butuh proses sehingga mampu membawa kesuksesan untuk anda.

Baca juga : Peluang Usaha Baru Yang Menjanjikan, Usaha Tiket Gelang

Beberapa peluang, tips, dan lain sebagainya seperti diatas hanyalah sebagian kecil dari usaha yang harus anda lakukan untuk dapat memulai bisnis menguntungkan yang dapat anda mulai hari ini, besok, atau kapanpun anda mau dan siap. Diperlukan juga mental yang anti menyerah agar bisnis yang anda jalankan tetap bisa berjalan dengan baik sesuai dengan rencana anda dan yang pastinya memberikan keuntungan seperti yang anda inginkan.

Tips Menjalankan Bisnis

Belajar mengenai bisnis juga bisa anda lakukan kapanpun, dimanapun, dan juga dengan siapa saja yang anda temui. Intinya adalah memulai menjadi seorang pebisnis yang sukses tidaklah instan, karena diperlukan banyak hari untuk mengasah insting bisnis anda agar mampu membaca peluang usaha yang ada di dunia usaha. Pantang menyerah adalah hal yang harus anda tanamkan setiap kali anda akan merasa jatuh dan harus segera bangkit sebelum anda terjatuh.

Tips Menjalankan Bisnis Menguntungkan Beserta Peluangnya | Glen Hanz Sky | 4.5