Loading...

Wirausaha Wanita Indonesia yang Mendunia

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan:

Wirausaha Wanita Indonesia yang Mendunia – Menjadi seorang wirausaha tentunya tak lepas dari berbagai macam tantangan, baik itu dalam memulai usaha maupun dalam proses menjalankan usaha itu sendiri. Nah, kali ini dunia usaha akan memberikan anda informasi mengenai wanita-wanita tangguh asal Indonesia yang sukses membuat usahanya mendunia. Siapa sajakah mereka? Simak penjelasannya dibawah ini.

Martha Tilaar

Tak sedikit wanita Indonesia yang mempunyai jiwa wirausaha. Bahkan banyak diantaranya sudah menjadikan usahanya sukses bahkan terkenal sampai ke seluruh dunia. Produk-produk usaha dari wanita-wanita wirausaha ini biasanya tidak jauh dari kebutuhan-kebutuhan wanita pada umumnya. Seperti kosmetik dan pakaian. Salah satu wirausaha wanita Indonesia yang mendunia adalah Martha Tilaar (78) tahun. Wirausaha wanita yang memiliki usaha kosmetik ini memiliki kegigihan dalam menjalankan usahanya. Siapa yang tidak kenal merk kosmetik ‘Sari Ayu’ di Indonesia saat ini? Kemampuan mengembangkan usahanya menciptakan brand awarness produk ‘Sari Ayu’ begitu tinggi.

Sari Ayu berdiri di tahun 1977, diawali dengan produksi rumahan. Setelah sepuluh tahun berdiri, Martha Tilaar mulai mendirikan pabrik kosmetik pertamanya. Dari sini, usahanya berlanjut terus hingga ia mampu bersaing dengan produk kosmetik lain dari mancanegara. Kegigihan dan keuletannya mengembangkan ‘sari ayu’ menjadikan dirinya dianggap masuk dalam daftar wanita Indonesia yang paling berpengaruh.

Baca Juga : Menikmati Racikan Bumbu Wirausaha Kuliner Jogja

Josephone Komara

Wirausaha Wanita Indonesia lainnya yang mendunia adalah Josephine Komara (meninggal di tahun 2013). Josephine lebih dikenal dengan sapaan akrabnya Obin. Ia bergerak di bidang desainer pakaian bertema batik. Obin adalah pendiri dan pemilik gerai batik bernama ‘bin house’ yang berdiri sejak tahun 1986.

Ketertarikannya pada dunia batik membuatnya mampu berkeliling dunia untuk mengenalkan batik. Obin dikenal sebagai sosok yang rendah hati, Ia juga dianggap berjasa begitu banyak bagi perkembangan batik Indonesia.

Berbagai karya desainnya menghiasi museum-museum di dunia. Ia diakui sebagai wirausaha wanita yang berhasil membawa batik hingga tingkat yang paling tinggi. Bahkan, ia dijuluki sebagai ‘harta karun nasional’ karena kegigihannya mengenalkan batik ke penjuru dunia.

Wirausaha wanita Indonesia yang juga tak kalah sukses menghiasi khazanah Indonesia adalah Kartini Muljadi. Tak banyak yang tahu bahwa Kartini Muljadi adalah seorang hakim dan notaris di Jakarta. Tekanan ekonomi memaksanya berpikir mencari pendapatan yang lebih baik. Kartini pun mendirikan kantor pengacara dan biro jasa hukum sendiri yang bernama ‘Kartini Muljadi & rekan’.

Kartini Muljadi

Dari usahanya ini, ia mengembangkan usahanya lebih jauh lagi. Ia dan anak-anaknya mendirikan sebuah perusahaan obat-obatan yang bernama ‘tempo scan pacific’.

Baca Juga : Peluang Usaha Servis Laptop, Komputer, Smartphone dan Gadget

Selain perusahaan obat-obatan, Kartini Muljadi dan anak-anaknya mendirikan beberapa perusahaan lain yang bergerak di berbagai bidang. Dari usaha-usahanya inilah, Kartini Jumadi diganjar sebagai wanita Indonesia paling kaya versi majalah Forbes.

Demikianlah artikel yang dapat dunia usaha sajikan kepada anda para pembaca setia mengenai Wirausaha Wanita Indonesia yang Mendunia. Jika artikel ini menurut anda bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikannya kepada teman-teman anda.

Loading...

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan: