Loading...

7 Tips Usaha Waralaba dengan Hasil Memuaskan

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan:

Tips Usaha Waralaba – Waralaba atau Franchise merupakan bisnis dengan sistem kerjasama kemitraan dan memiliki hak atau kebebasan untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan yang dilaksanakan oleh para pemilik usaha. Kali ini duniausaha.net akan mengulas tentang 7 tips usaha waralaba dengan hasil memuaskan.

Tips Usaha Waralaba

Dengan sistem waralaba pemilik usaha bisa mengembangkan usaha mereka ke berbagai kota atau daerah agar lebih cepat dikenal luas oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri banyak yang melakukan usaha dengan sistem waralaba terutama usaha di bidang kuliner yaitu waralaba makanan dan minuman. Kamu bisa melihat banyak sekali gerai-gerai usaha makanan di beragam pusat keramaian.

Dalam dunia bisnis adakalanya terjadi pasang surut terutama disaat kondisi ekonomi masih tak stabil. Pasang surutnya usaha adalah hal yang lumrah. Termasuk juga usaha waralaba makanan dan waralaba minuman yang begitu pesat sekali perubahannya. Hal ini tak lepas dari terus bermunculannya para pemilik usaha baru yang memberikan penawaran dengan beragam macam makanan maupun minuman yang variatif. Tentu hal ini dapat menarik konsumen yang juga adalah konsumen kamu sebelumnya.

Baca Juga : Budidaya Ikan Lele Burma Dengan Omset Ratusan Juta

Tak dapat dibantahkan, bahwa usaha waralaba makanan seperti jajanan terbilang bisnis yang punya siklus cepat bosan, jika tak ada inovasi dan kreasi seperti menciptakan rasa baru, menu baru hingga barang baru. Perlu diketahui bahwa jualan jajanan berbeda dengan usaha makanan pokok, seperti ayam bakar dan makanan lainnya yang merupakan kebutuhan primer.

Bisnis makanan jajanan dapat booming seketika, dan ketertarikan konsumen mulai menurun di saat muncul usaha makanan jajanan baru. Nah, seiring menurunnya ketertarikan para pembeli yang membuat usaha mulai lesu dan pudar, maka sangat diperlukan program supaya dapat membangkitkannya kembali usaha tersebut.

Dibawah ini kami memberikan 7 tips usaha waralaba dengan hasil memuaskan dan membangkitkan usaha waralaba yang tengah lesu menurut Ir. Achsan Permas, MBA.

1. Lakukan Program Marketing yang Tepat

Salah satu cara untuk membangkitkan kembali usaha waralaba adalah dengan memberikan layanan pesan antar, memberikan diskon atau potongan harga hingga jualan dengan cara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya, misalnya dengan berkeliling kompleks, dan juga sekolah-sekolah dan seterusnya.

2. Pastikan Segmentasi Pasar yang akan Dibidik

Sungguh penting bagi kamu untuk memastikan segmentasi pekan yang akan dibidik, sebab dengan jelasnya segmentasi pasar yang dituju, kamu jadi tahu kemana kamu akan berjualan.

3. Jangan Menaikan Harga

Sebaiknya, kamu jangan menaikan harga, akan tetapi juga tak menurunkan kualitas barang yang kamu jual. Langkahnya adalah efesiensi dengan mengukur jumlah bahan baku yang dapat laku terjual dan menekan terbuangnya bahan baku jika tak laku.

4. Melakukan Inovasi

Kamu dapat melakukan inovasi produk dengan menciptakan beragam macam produk, menu dan rasa baru. Seperti yang kita ketahui mayoritas pemilik usaha menciptakan menu baru, menggabungkan usaha makanan dan minuman hingga melakukan re-branding dengan mendesain ulang gerai (booth) supaya tampak seperti usaha baru.

5. Menjual Makanan dan Minuman yang Tengah Diminati

Cari tahu kategori makanan dan minuman yang saat ini tengah diminati, caranya kamu dapat melihat apa saja usaha yang tengah diminati, atau bila perlu coba tanyakan kepada konsumen makanan dan minuman apa yang diinginkannya.

6. Jangan Sungkan Bertanya

Supaya sukses, kamu harus selalu giat belajar dan bertanya kepada ahlinya. Jangan sungkan untuk bertanya kepada orang yang lebih mengerti tentang usaha. Kamu dapat bertanya pada pemilik usaha yang sudah lebih dulu sukses.

7. Duplikasikan kepada Mitra

Apa yang kamu lakukan sebaiknya duplikasi kepada mitra kamu. Terapkan hal serupa pada usaha yang dikerjakan mitra usaha kamu, supaya mitra kamu juga dapat merasakan hasil yang sama.

Baca Juga : 4 Cara Mencapai Goal Bisnis

Demikianlah 7 tips usaha waralaba dengan hasil memuaskan. Segala sesuatu tentu gampang diucapkan, akan tetapi tak banyak orang yang ingin mengerjakannya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Loading...

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan: